image upn

Visi Prodi MMB adalah:

“Menjadi program studi yang mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat dalam mengelola bencana di era global dengan dilandasi jiwa bela Negara pada tahun 2024”

 

Misi Prodi MMB adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sumberdaya manusia, mempunyai kompetensi dalam bidang manajemen bencana secara terpadu dan berkesinambungan untuk mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat dengan dilandasi jiwa bela negara.
  2. Menciptakan hasil penelitian dalam bidang manajemen bencana yang berkualitas dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan di era global.
  3. Membangun kerjasama para pelaku guna mendukung penguatan kapasitas dalam manajemen bencana untuk mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat secara akuntabel dan berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Prodi MMB UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan bencana dengan berlandaskan kepada penguasaan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat di era global.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi rujukan bagi pengembangan kinerja profesional di lingkungan masing-masing, serta memberikan kontribusi kepada pembangunan melalui pengelolaan risiko bencana yang mandiri.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri dalam kerangka metode pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga mampu berkontribusi dalam manajemen bencana yang baik sebagai upaya mewujudkan ketangguhan dan kemandirian masyarakat.
  4. Meningkatkan fungsi dan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi dalam mendorong kemandirian dalam manajemen bencana dengan mengutamakan sumberdaya dan pengetahuan lokal.