mmb
mmb usk
mmb usk aceh

Magister Manajemen Bencana UPN “Veteran” Yogyakarta menjalin kerjasama tentang Tridharma Perguruan Tinggi dengan Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala. Tujuan dari kerjasama ini ialah untuk meningkatkan kolaborasi antar pihak dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana. Selain itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam menghadapi risiko dan dampak bencana.

                Perjanjian kerjasama Nomor: B/326/UN11.1.13.MIK/TU/2023 dan Nomor: B/35/UN62.11/KS/2023 ini ditandatangani oleh Dr. Ir. Eko Teguh Paripurno, M.T., Koordinator Program Studi Magister Manajemen Bencana UPN “Veteran” Yogyakarta dan Dr. Rina Suryani Oktari, S.Kep., M.Si., Koordinator Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala. Penandatanganan dokumen perjanjian dilakukan pada Jumat (8/12) di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Hadir dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. Syamsidik Direktur Tsunami Disaster Research and Mitigation Center (TDRMC) serta Prof. Dr. Muksin Umar Ketua Program Studi Magister Fisika Universitas Syah Kuala.

                Ruang lingkup dari perjanjian kerjasama ini meliputi pertukaran mahasiswa; pelaksanaan kuliah umum, seminar, dan workshop; pengembangan kurikulum yang relevan bagi masyarakat; pembimbingan bersama dalam tugas akhir; penelitian bersama; pertukaran peneliti dan akademisi berbagi sumber daya dan fasilitas penelitian; pengabdian masyarakat; penyelenggaraan pelatihan dan sosialisasi untuk masyarakat; serta pengelolaan jurnal bereputasi.

                Kedua pihak yang saling bekerjasama berharap adanya kerjasama ini dapat memajukan masing-masing program studi dan menambah manfaat bagi masyarakat khususnya dalam mengurangi risiko bencana serta penanggulangan bencana.

                Selain penandatangan dokumen kerjasama, dilaksanakan kuliah umum dengan narasumber Dr. Ir. Eko Teguh Paripurno, M.T. selaku Koordinator Program Studi Magister Manajemen Bencana UPN “Veteran” Yogyakarta. Tema yang diambil dalam kuliah umum tersebut yaitu “Peran Perguruan Tinggi dalam Gerakan Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK)”.