image upn

pelatihan rpb

Pengelolaan Risiko Bencana (PRB) merupakan kegiatan yang meliputi aspek  perencanaan dan penanggulangan bencana, pada sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana, berupa mitigasi, kesiapsiagaan, penanganan darurat dan pemulihan. Pengelolaan risiko bencana merupakan suatu kerangka kerja konseptual berfokus pada pengurangan ancaman dan potensi kerugian dan bukan pada pengelolaan bencana dan konsekuensinya. Pengelolaan risiko bencana bertujuan untuk mengembangkan suatu “budaya aman” dan menciptakan “masyarakat yang tahan bencana”.

Amanah Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa setiap orang berkewajiban untuk melakukan kegiatan penanggulangan bencana. sehingga semua warga negara harus ikut andil dalam usaha-usaha penyelenggarakaan penanggulangan bencana sesuai dengan kemampuan dan peran masing-masing. Termasuk mahasiswa sebagai agen perubahan juga harus memiliki kemampuan dan pengetahuan Penanggulangan Bencana. Untuk itu mahasiswa perlu diberikan pemahaman dan ketrampilan agar dapat berperan didalam urusan Penanggulangan Bencana. Bentuk kegiatan yang dapat diberikan kepada mahasiswa adalah “PELATIHAN PENGELOLAAN RISIKO BENCANA BERBASIS KOMUNITAS”.

Kegiatan ini bekerjasama antara PSMB dan MMB dengan Universitas MH Thamrin yang dilakukan secara online/daring. Fokus kegiatan lebih mengarah pada penilaian ketangguhan desa/ komunitas serta penyusunan program untuk ketangguhan desa/komunitas. Kegiatan dilakukan selama 8 sesi mulai Tanggal 24-28 Agustus 2020. Dalam   1 hari dapat dilakukan 2 sesi, namun disarankan sehari 1 sesi. 50 peserta akan dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok akan didampingi oleh 1-2 fasilitator selama diskusi. Materi yang akan diberikan adalah sebagai berikut:

1.     Pengantar Penanggulangan Bencana

2.     Penilaian ketangguhan Desa

3.     Rencana Peringatan Dini

4.     Rencana Evakuasi

5.     Rencana Kontingensi

6.     Rencana Ketangguhan Keluarga

7.     Rencana Ketangguhan Desa

8.     Video Penanggulangan Penderita Gawat Darurat adalah sebagai berikut:

    a. Cara Melipat Mitela

    b. PPGD Korban Patah Tulang

    c. PPGD Korban Pendarahan Pelipis




Lampiran :