image upn

Eko Teguh Paripurno menyampaikan materi konsep bencana dan PRBBK dalam ToF bagi DPL KKN Tematik

 

                Pusat Studi Manajemen Bencana (PSMB) UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi narasumber dan fasilitator dalam kegiatan Training of Facilitator (ToF) bagi dosen pendamping lapangan (DPL) KKN Tematik Kebencanaan di Kabupaten Jombang. Kegiatan yang dilaksanakan pada 31 Mei 2024 tersebut, dihadiri oleh 80 dosen dari 15 perguruan tinggi yang tergabung dalam forum LPPM Kabupaten Jombang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi tentang KKN Tematik Kebencanaan yang sudah dilakukan pada 8 Mei 2024 di kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang.

                Ketua Forum LPPM Kabupaten Jombang, Umi Nur Qomariyah mengatakan bahwa kegiatan pelatihan bagi DPL KKN Tematik Kebencanaan diperlukan supaya dosen dapat membimbing mahasiswa terkait pengabdian bagi masyarakat yang berfokus pada kebencanaan di daerah KKN. Selain itu, ia juga berharap kegiatan ini dapat mewujudkan KKN yang berkelanjutan antar perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Jombang.

                Narasumber dalam kegiatan ToF bagi dosen pendamping KKN tematik ini yaitu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jombang, Bambang Dwijo Pranowo, dan Ketua PSMB UPN “Veteran” Yogyakarta, Eko Teguh Paripurno. Kepala Pelaksanan BPBD Kabupaten Jombang menyampaikan mengenai kondisi kebencanaan di Kabupaten Jombang. Sedangkan Ketua PSMB UPN “Veteran” Yogyakarta, Eko Teguh Paripurno, menyampaikan mengenai konsep manajemen bencana serta pengurangan risiko bencana berbasis komunitas dan hubungan dengan KKN Tematik Kebencanaan.

                Dalam pelatihan ini, para peserta juga melakukan praktik pengisian indeks kesiapsiagaan masyarakat (IKM) dan penilaian ketangguhan desa (PKD). Pengisian IKM dan PKD dilakukan melalui aplikasi Inarisk Personal dan web katalog kesiapsiagaan BNPB. Praktik pengisian IKM dan PKD difasilitasi oleh Gandar Mahojwala dan Monica Warih sebagai alumni Magister Manajemen Bencana UPN “Veteran” Yogyakarta serta Gigih Aditya Pratama, mahasiswa Magister Teknik Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta.

                Antusiasme peserta pelatihan tinggi dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini tampak dari jumlah peserta yang bertahan mengikuti pelatihan dari pagi hingga sore hari dan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Pada akhir kegiatan, para peserta mengusulkan rencana-rencana untuk keberlanjutan dari kegiatan pelatihan KKN Tematik Kebencanaan ini.

 

Sosialisasi KKN Tematik Kebencanaan pada 8 Mei 2024 di Kantor Sekda Kabupaten Jombang

 

Penyerahan sertifikat narasumber bagi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jombang dan Ketua PSMB UPN “Veteran” Yogyakarta oleh Rektor Universitas PGRI Jombang