image upn

Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan perlindungan terhadap habitat monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Kabupaten Gunungkidul. 

Perlindungan tersebut bukan hanya untuk melindungi habitat dan eksistensi satwa di dalamnya, tapi juga kebun dan lahan pertanian milik warga setempat yang menjadi sumber ketahanan pangan.
Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Studi Bencana UPN 'Veteran' Yogyakarta, Eko Teguh Paripurno, setelah beraudiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kompleks Kepatihan, Kamis (26/10).
“Kami mengajak Pak Gubernur untuk bersama-sama menangani monyet ekor panjang. Untuk membuat, membangun mekanisme perlindungan yang selaras. Jadi semacam kawasan konservasi bersama. Mengelola ekologi, melakukan perlindungan monyet tersebut yang sudah akan punah dan juga perlindungan aset warga untuk ketahanan pangan," kata Eko Teguh Paripurno, Kamis (26/10).
Selengkapnya --> https://kumparan.com/pandangan-jogja/pemda-diy-akan-lakukan-perlindungan-habitat-monyet-ekor-panjang...