TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY sepakat untuk berkolaborasi dengan UPN Veteran Yogyakarta dan sejumlah stakeholder lainnya untuk melakukan penanganan dan perlindungan terhadap habitat monyet ekor panjang yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Upaya perlindungan ini dilakukan tidak hanya untuk melindungi habitat dan eksistensi satwa yang terancam punah tersebut, namun juga untuk melindungi kebun dan lahan pertanian milik warga yang menjadi sumber ketahanan pangan, dari serangan monyet ekor panjang belakangan ini.

“Kami mengajak Pak Gubernur untuk bersama-sama menangani Monyet Ekor Panjang. Ngarsa Dalem sepakat dengan perlindungan itu. Ini juga bentuk lain Hamemayu Hayuning Bawana,” ujar Ketua Pusat Studi Manajemen Bencana UPN Veteran Yogyakarta, Eko Teguh Paripurno seusai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Kamis (26/10/2023).

selengkapnya --> https://jogja.tribunnews.com/2023/10/26/pemda-diy-dan-upn-veteran-yogyakarta-kerjasama-lindungi-habitat-monyet-ekor-panjang-di-gunungkidul.
Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Kurniatul Hidayah