image upn

KBRN, Jakarta: Pemerhati mitigasi dan manajemen kebencanaan, Eko Teguh Paripurno menyatakan mitigasi bencana juga menjadi urusan masyarakat. Sehingga bukan hanya menjadi urusan Pemerintah.

“Kalau menjadi pertanyaan mitigasi sudah cukup atau belum jawabannya belum. Kalau cukup maka sebenarnya banjir itu bisa dikelola,” katanya saat berbincang dengan Pro3 RRI, Minggu (19/2/2023).

Menurutnya, jika terjadi banjir dan terjadi bencana maka itu pertanda untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Banjir bukanlah sesuatu yang baru sehingga harus mengimbangi dengan resapan air.

“Peringatan cuaca harus diikuti dengan respon yang memadai. Jangan tidak berdampak bagi perubahan sikap warga dan pemerintah,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan berada di  mayoritas kota-kota besar Indonesia akhir pekan ini. Berdasarkan situs resmi BMKG, Minggu (19/2/2023), cuaca berawan saat pagi berpotensi terjadi di Serang, Bengkulu, Yogyakarta.

Selengkapnya --> https://www.rri.co.id/di-yogyakarta/lain-lain/167682/pemerhati-sebut-mitigasi-bencana-juga-jadi-urus...